Let's to be Imaginator with FFESKI

Kata 어떻게 ( eotteoke ) memiliki arti ” bagaimana “. Dalam penggunaannya kata ini acapkali berubah kata, sesuai dengan fungsi pertanyaan itu sendiri. Tulisan ini sebenarnya terinspirasi dari Q & A bahasa Korea di http://world.kbs.co.kr/indonesian , ada yang menanyakan tentang perbedaan antara

kata : 어떻게 dan 어떡해. ” Kata 어떻게 (oetteoke) merupakankata keterangan dengan arti ‘bagaimana’. Sedangkan kata 어떡해(oetteokhe) sebagai frase disingkat dari 어떻게해(oetteoke hae) yang bermakna ‘bagaimana melakukan~atau bagaimana saya bersikap’ maka dapat dipakai predikat tapi tidak bisa menerangkan unsur lain.

Misalnya, 한국에 어떻게 갑니까? (Hanguke oetteoke gamnika?) yang berarti, Bagaimana saya ke Korea?

Dalam kalimat kata 어떻게 menerangkan kata 갑니까 yang dipakai sebagai predikat.  Sedangkan kata 어떡해 digunakan dalam kalimat seperti 나 어떡해?(Na oetteokhe?) dengan arti, bagaimana saya? Ungkapan ini dapat dipakai ketika seseorang harus mengambil suatu sikap dalam satu keadaan.”. inilah penjelasan dari perbedaan dua kata di atas. Mungkin masih banyak kata serupa 어떻게 ( eotteoke ) dalam bahasa Korea. Saya ambil beberapa contoh di bawah ini :

1. 어떤 atau 어떠한  ( eotteon atau eotteohan )  dengan arti yang bagaimana, misalnya

a.어떤 노래가 좋을까요..~? ( eotteon noraega joheulkkayo.. ) Lagu  yang bagaimana yang anda sukai ?

kalimat ini mengharapkan jawaban jenis lagu, misalnya balada, rock, dang dut dan sebagainya.

b.어떤 사람한테 길을 물어봤어요? ( eotteon saramhante gireul mureobwasseoyo?  ) Pada orang yang bagaimana ( siapa) kamu menanyakan jalan ?

c.정말 어떠한 학생이라도 성공할 수 있습니다.( jeongmal eotteohan haksaengirado seonggonghal su issseumnida.)

Sungguh, pelajar yang bagaimanapun ( siapapun ) dapat berhasil sukses.

d. 어떤 일이 있어도 아침엔 좋은 생각 하새요 ( eotteon iri isseodo achimen joheun saenggak hasaeyo ) Dalam kondisi yang bagaimanapun juga, pada pagi hari berfikir baiklah . Kata  어떤 di sini berubah menjadi idiom ketika digabung dengan kata lain, walaupun masih mempunyai makna yang bagaimana.

2.어떠세요? ( eotteoseyo? ) artinya ” bagaimana..? ” . hampir sama dengan kata permasalahan di atas, bahwa kata inipun dipertanyakan penulisan antara 어떠세요? dan  어떻세요?

a.요즘 어떠세요? ( yojeum eotteoseyo? ) akhir-akhir ini bagaimana kabarmu ?

b. 여름 유가 어디로 가실건가요 ? 인도네시아으로 어떠세요( yeoreum yuga eodiro gasilgeongayo ? indonesiaeuro

eotteoseyo..? Anda akan pergi ke mana pada liburan musim panas..?

3. Ada juga kata  어떻게 하는지 알아/몰라 ( eotteoke haneunji ara/molla ) Tahu/ tidak tahu bagaimana melakukan sesuatu. contonya adalah :

a. 용준이는 김치찌게 어떻게 만드는지 알아요.( yongjunineun gimchijjige eotteoke mandeuneunji arayo )  = Yong-jun

tahu bagaimana membuat Kimci chigae.

8.부산에 어떻게 가는지 몰라. ( busane eotteoke ganeunji molla ) Saya tidak tahu bagaimana caranya pergi ke Busan

 

Iklan

Dalam Bahasa Korea, kalimat dapat sedikitnya dikelompokkan dalam 5 ( lima ) jenis yaitu  Kalimat pernyataan atau kalimat berita ( Declarative ), kalimat pertanyaan ( Interrogative ),  Kalimat perintah ( Imperative ), Kalimat ajakan ( propositive ) dan jenis kalimat seruan ( Exclamatory ).
Dalam kesempatan kali ini, saya akan mencoba mengenalkan  2 ( dua ) kalimat dulu, semoga pada postingan yang akan datang dapat diteruskan, insya Allah. Dengan dua kalimat ini, kita sudah bisa membuat sebuah percakapan dalam bahasa Korea walaupun sederhana.

I.Kalimat pernyataan ( Declarative )
Kalimat adalah kumpulan dari kata yang telah memberikan makna atau pengertian.  Kalimat pernyataan di sini yang saya maksudkan adalah kalimat berita ( informatif ) baik berbentuk positif ataupun negatif. Sebagai contohnya adalah sebagai berikut :
1. 저는 집에 갑니다 ( jeoneun jibe gamnida ) Saya pergi ke rumah ( pulang )
2. 나는 책을 읽습니다 ( naneun chaegeul irkseumnida ) Aku membaca buku.
Kedua contoh kalimat di atas digunakan dalam suasana formal. sedangkan dalam suasana informal kita bisa menggunakan kalimat sebagai berikut :
1. 아무 것도 할 수 없네요 ( amu geotdo hal su eomneyo ) Tak ada sesuatupun yang bisa aku kerjakan.
2. 하늘에 별들이 반짝 반짝 빛나네요 ( haneure byeoldeuri banjjak banjjak bitnaneyo ) Bintang-bintang nampak gemerlapan bercahaya di langit.
3. 나는 시장 에서 바나나를 사겠다 ( naneun sijang eseo bananareul sagetda ) Saya akan membeli pisang di pasar.
Catatan :
1. Untuk membentuk  bentuk negatif, bisa dengan menggunakan akhiran 이 / 가 아니다 ( i / ga anida ), misalnya : 나는 학생이 아니다 ( Naneun haksaengi anida ) Saya bukan seorang pelajar.
2. Membentuk negatif juga bisa dengan merubah kata 있다 (itda ) menjadi 없다 ( opda) misalnya : 책상에 책이 없다 ( chaeksange chaeki opda )  Di meja tidak ada buku.
3. Juga bisa dengan merubah dari 알다 ( alda )  ke dalam kata  모르다 ( moreuda) misalnya : 그분은 한국 말을 모른다 ( keubuneun hanguk mareul moreunda ) Beliau itu tidak mengerti bahasa Korea.
4. Juga bisa menambahkan 안 atau 지 않   dan juga bisa juga menggunakan 못 dan 지 못하.  Contohnya : 리나 학교에 안갔습니다 ( Lina hak gyoe an gasemnida ) Lina tidak pergi ke sekolah. Dan juga misalnya : 이마는 학교에 가지 못했습니다 ( Imaneun hak gyoe gaji mothessemnida ) Ima tidak bisa pergi ke sekolah.
5. Dalam bentuk formal, Predikat pada kalimat pernyataan di akhiri dengan kata ㅂ 니다 atau 습니다, sedangkan dalam kalimat informal, digunakan kata …다 atau …네.

II. Kalimat Pertanyaan ( Interrogative )
Walaupun dalam percakapan biasa bisa hanya dengan menaikan intonasi bicara, namun pada dasarnya kalimat pertanyaan dalam bahasa Korea memiliki aturan tersendiri. Dalam hal ini kita ambil contoh :
1. 무슨 잡지를 읽으십니까? (museun japjireul ilgeusimnikka? ) Majalah apa yang Anda baca ?
2. 학생이 도서관에 많습니까 ? ( haksaengi doseogwane manseumnikka ? ) Apakah banyak pelajar di Perpustakan ?
2 ( dua ) contoh ini adalah contoh bentuk formal.  Contoh lain adalah :
1. 그것이 무슨 인생이라 말할 수 있겠느냐.( geugeosi museun insaengira malhal su itgenneunya ) …bisa dikatakan kehidupan apakah itu?
2. 이게 사랑인가요?  ( ige sarang ingayo ) Apakah ini cinta..?
3.그댄 왜 이렇게 내 맘을 아프게 하나요 ? ( geudaen wae ireoke nae mameul apeuge hanayo? ) Engkau mengapa membuat hatiku sakit seperti ini ?

Catatan :
1. Biasanya sebuah kalimat pertanyaan diawali dengan kata tanya antara lain : a. 무엇 ( muos )apa .contoh = 무엇을 마십니까 ? ( muoseul masimnikka? ) minum apakah anda?
b. 누구 ( Nugu )siapa . contoh = 그분이 누구예요 ( geubuni nuguyeyo ) orang itu siapa?
c. 어디 ( Odi ) dimana, kemana . 사무실이 어디예요 ( samusili odiyeyo ) dimana kantornya ?
d. 언제 ( onje ) Kapan . contoh = 언제 한국애 왔어요 ( onje hanguke wassoyo ? ) Kapan anda datang ke korea?. Dan masih banyak kata-kata pertanyaan yang dapat digunakan untuk membuat kalimat pertanyaan.
2. Dalam bentuk formal, Predikat pada kalimat pernyataan di akhiri dengan kata ㅂ 니까 atau 습니까, sedangkan dalam kalimat informal, digunakan kata …느냐 atau …는가.

Mengenal kata ganti orang dalam bahasa Korea.( 인칭대명사 )

  1. Kita tahu, Kalo bahasa Korea mengenal tingkatan lawan bicara. Karena hal tersebut, mengungkapkan kata ganti orang harus berhati-hati dan sudah selayaknya untuk dipelajari. Walaupun biasanya, pelajaran kata ganti orang ini dipelajari pada awal-awal, karena juga masih sering ada pertanyaan mengenai hal tersebut.

I. Kata ganti orang pertama tunggal  .

1. (na) . Sering disebut “ the first person singular plain (non-polite) pronoun”  yaitu kata ganti orang pertama tunggal, yang digunakan ketika lawan bicaranya setaraf atau lebih rendah. Dalam bahasa indonesia sering dikatakan dengan ” Aku “.  Contoh dalam kalimat adalah sebagai berikut :

 

A. Ketika menjadi subyek ( 는 , 이 dan 가 ) :

a. 나는 오늘 동물원에 갔다 ( naneun oneul dongmurwone gatda ) = Aku  hari ini pergi ke Kebun binatang.

b. 나는 가을의 새벽을 기다린다 ( naneun gaeurui saebyeogeul gidarinda ) Aku menanti pagi saat musim gugur
c. 나는 구두를 샀습니다  ( naneun gudureul sassseumnida ) Aku telah membeli sepatu.

d. 내가 먼저 할께. ( Naeka meonjo halke ) = saya pergi dulu  . ket :  내가 berasal dari kata + .

B. Ketika menyatakan milik ( 나의  atau 내/ nae ) untuk menyatakan” ….aku atau ku :

a. 내 가방은 비싸요 ( nae gabangeun bissayo )  = Tas saya mahal

b.내 나이가 열여덟 살 입니다 ( Nae naiga yeol yeodol sal imnida ) = umurku adalah 18 tahun.

C. Ketika menjadi obyek ( 나를 / nareul ).

a. 나를 잡아봐…! ( Nareul jaba bwa..!! ) Coba tangkaplah daku..!

b 왜 나를 찾니? ( Wae Nareul chani ..? ) Mengapa mencariku ?

2. (Jeo ): adalah bentuk hormat dari 나. Ini digunakan untuk berbicara kepada orang yang lebih tua atau lebih dihormati . Misalnya :

a. 저는 한국 사람입니다 ( jeo-neun hanguk saramimnida )  = Saya adalah orang Korea.
b. 저는 학생 입니다  (  jeo-neun  haksaeng imnida ) = Saya adalah seorang pelajar.

c. 제가 자장면을 먹지 않습니다 ( Jega  jajangmyeon meogji ansemnida ) = Saya tidak makan mie jajang . Ket :  제가 berasal dari kata 저 + 가.

d. 재 이름은 디안이라고 합니다  ( Je ireumeun Dianirago hamnida ) = Nama saya adalah Dian.

e. 저를 불렀어요? ( jeo-reul bulleosseoyo ? ) – Apakah Anda memanggil saya?

3. 우리 ( uri ) dan  저희 (Jeohui). Adalah bentuk jamak dari kata ganti orang pertam tunggal . 우리 adalah bentuk jamak dari 나 ( na ) sedangkan  저희 adalah bentuk jamak dari 저 ( jeo ). Contoh adalah :

a.우리 팀이 이겼다 ( uri timi igyeotta ) = Tim kami menang. Our team won!

b. 이 것은 우리 학교에요.( igoseun uri hagyoeyo ) = ini adalah sekolah kami.

c.  저희가 가방을 찾아드릴게요. ( jeohuiga kabangeul chaca deurilgayo ) = Kami akan mencari tas anda.

d. 저희를 찾고 계시나요? ( Jeohuireul  chatgo kyesinayo ? ) Apakah Anda mencari kami.

Untuk pembahasan tentang kata ganti orang kali ini kita batasi hanya sampai kata ganti orang pertama saja, mudah-mudahan lain kali bisa meneruskan dan dengan sedikit pembahasan ini semoga menjadi lebih mudah dipahami dan diingat.

  • Kata Ganti Orang

A. Kata Ganti Orang pertama Tunggal 

  • Plain (biasa)    나 (na) aku
  • Polite (sopan) 저(jeo) saya

 B. Kata ganti Orang kedua Tunggal

  • Plain (biasa)   너(neo)  kamu
  • Polite (sopan) ~씨 (~ssi) Mr~, Mrs~, Miss~

 C. Kata Ganti orang ketiga Tunggal

  • Plain (biasa)   그 사람 (keu saram) dia/ orang itu
  • Polite (sopan) 그분 (keubun)

 D. Kata ganti orang pertama jamak

  • Plain (biasa)   우리(uri) kami
  • Polite (sopan) 저희 (jeoheui)

E. Kata ganti orang kedua jamak

  • Plain (biasa)   너희 (neoheui) kalian
  • Polite (sopan) 여러분 (yeoreobun)

 F. Kata ganti orang ketiga jamak

  • Plain (biasa) 그 사람들 (keu saramdeul) mereka/ orang banyak
  • Polite (sopan) 그 분들 (keubundeul)

 

Perlu di ingat bila (na), (jeo), (neo) bertemu dengan penanda subjek (ga) akan menjadi (nae), (je), (ne).

untuk kata ganti orang ketiga 그 사람(keu saram) ,그분 (keubun) biasanya digunakan dalam bahasa penulisan. Untuk bahasa percakapan digunakan그 (keu) untuk dia laki-laki dan 그녀untuk dia perempuan

 

  • Kata Ganti Kepemilikkan

Kata ganti kepemilikan = kata ganti + 의 (eui)

A. Orang pertama

  • Plain (biasa)    나 (na) + 의 (eui)–> 나의 (naeui) disingkat 내 (nae)
  • Polite (sopan) 저 (jeo) + 의 (eui) → 제 (je)

 B. Orang kedua

  • Plain (biasa) 너 (neo) + 의 (eui) → 너의 (neoeui) disingkat니 (ni)
  • Polite (sopan) ~씨(~ssi) + 의 (eui) →  ~씨의 (~ssieui)

C. Orang ketiga

  • Plain (biasa) 우리 (uri) + 의 (eui) → 우리의 (urieui)
  • Polite (sopan) 저희 (jeoheui) + 의 (eui) → 저희의 (jeoheuieui)

 

Kata ganti kepemilikan orang ketiga 우리 (uri) bisa juga diartikan -(milik) ku, misal 우리 아빠 (uri appa) yang berarti ‘ayahku’

 

Contoh penggunaan dalam kalimat: 

  1. 제 책 (jeo chaek) → buku saya
  2. 제책이 집에 있어요 (jeo-chaek-i jib-e iss-eo-yo) → buku saya ada di rumah

Tahapan pertama dalam belajar bahasa korea adalah hafal dan mengerti huruf abjad korea atau yang lebih di kenal dengan hangeul ( 한글 ), kemudian di ikuti cara menulis dan membacanya. Berikut huruf abjad korea yang harus kita hafal :

Konsonan :

  • ㄱ  ==> G
  • ㄴ  ==> N
  • ㄷ  ==> D
  • ㄹ  ==>  R
  • ㅁ  ==>  M
  • ㅂ  ==>  B
  • ㅅ  ==>  S
  • ㅇ  ==>  NG
  • ㅈ  ==> J
  • ㅊ  ==> CH
  • ㅋ  ==> Q
  • ㅌ  ==> TH
  • ㅍ  ==> PH
  • ㅎ  ==> H
  • ㄲ  ==> K
  • ㄸ  ==> T
  • ㅃ  ==> P
  • ㅆ  ==> SS
  • ㅉ  ==> C

Catatan : Untuk konsonan , , , , dan bila terletak pada awal kata akan di baca double ( , , , , dan ).

Vokal :

  • 아   ==> A      : A
  • 야   ==> YA   : Ya
  • 어   ==> Oe    : O
  • 여   ==> Yoe : Yo
  • 오   ==> O       : Go
  • 요   ==> Yo   : Loyo
  • 우   ==> U      : Untuk
  • 유   ==> YU   : Sayur
  • 으   ==> EU    : Enyah
  • 이   ==> I        : Indah
  • 애   ==> AE    : Elok
  • 얘   ==> YAE
  • 에   ==> E       : Enak
  • 예   ==> YE
  • 외   ==> OI ==> WE ( merupakan gabungan vokal 오 dan 이 )
  • 와   ==> OA ==> WA ( merupakan gabungan vokal 오 dan 아 )
  • 왜   ==> OAE ==> WAE ( merupakan gabungan vokal 오 dan 애 )
  • 워   ==> UOE ==> WOE ( merupakan gabungan vokal 우 dan 어 )
  • 웨   ==>UE ==> WE ( merupakan gabungan vokal 우 dan 에 )
  • 위   ==> UI ==> WI ( merupakan gabungan vokal 우 dan 이 )
  • 의   ==> EUI ( merupakan gabungan vokal 으 dan 이 )

Untuk lebih mudah menghafal abjad korea dan pegucapannya, hendaknya kita memfokuskan pada huruf tunggal terlebih dahulu, baru di ikuti huruf ganda ( gabungan ). Pada pengucapan huruf ganda terbentuk berdasarkan bunyi huruf dasar yang melekat di dalamnya, contoh : 와 ==> oa ( wa ) kita harus terlebih dahulu tahu dan mengerti huruf 오  dan 아, bunyi yang di hasilkan tinggal mengikuti perpaduan bunyi dari keduanya.

Contoh lain pada vokal ganda: 아 ==> a, akan berbunyi ” Ya ” setelah ada tambahan garis “- ” ( 야 ) yang mengarah ke kanan, jadi garis tambahan tersebt bisa di artikan ” Y ” pada vokal. contoh pada vokal 오 ==> o, akan berbunyi ” Yo ” setelah di tambahkan garis yang mengarah ke atas ( 요 ). Dapat di simpulkan bahwa garis tambahan pada vokal berati ” Y “. Sekali lagi kesimpulan cara awal menghafal huruf abjad korea, terletak pada huruf tunggal, baik sebagai konsonan ataupun vokal.

 

Penasaran gimana sih teks lagu Happy Birthday dalam versi Korea? sekarang saatnya kalian buat tau apa lirik bahasa korea Happy Birthday, kalau ada teman kalian yang sedang berulang tahun dan kalian ingin menyanyikan lagu Happy Birthday versi Koreanya kalian tidak perlu pusing lagi mencarinya. Ini dia liriknya ^^ sambil di nyanyikan ya 😀

  • 생일 축하 합니다 ( saengil chukha hamnida ) Happy Birthday versi Korea .

생일 축하 합니다 생일 축하 합니다 ( saengil chukha hamnida saengil chukha hamnida )

사랑하는 …… ( 이름 ) 생일 축하 합니다 ( saranghaneun …… ( ireum ) saengil chukha hamnida ) .. 2 x

Selamat ulang tahun, selamat ulang tahun

Untuk yang terkasih……. ( sebut namanya ) selamat ulang tahun . 2x.

untuk menselaraskan lagu biasanya ditambah 사랑하는 우리 …. ( saranghaneun  uri…. ) misalnya oma, appa , oppa dan sebagainya.

My Beloved Brother – Part 3

 Title                : My Beloved Brother – Part 3

Author           : Revronika

Cast                : Park Min Rin( as Park Min Joo’s sister), Lee Taemin ( as Park Min Joo), Park Rin Hwa ( as Min Rin’s best friend),  Yesung ( as Im Jong Woon) and Key ( as Im Ki Bum).

Rating            : NC15

Genre             : Family, Romantic

Flash Back    : Naega dan Ki Bum oppa sudah mulai dekat satu sama lain. Tiba-tiba aku menemukan surat di kamar Min Joo oppa yang berisi kalau dia mau pergi ke Amerika untuk kuliah, tapi kenapa oppa tidak memberitahukannya langsung padaku, apa oppa menyembunyikan sesuatu dariku? Kalau tidak kenapa dia hanya menulis surat padaku kalau dia ingin pergi ke Amerika?       MY BELOVED BROTHER – PART 3

Aku langsung berlari keluar kamar oppa dan aku langsung kekamar eomma untuk menanyakannya lagi, eomma bilang itu benar, oppa akan bersekolah ke Amerika selama 3-4 tahun, kenapa aku tidak tahu?

oppa kau jahat padaku!!!” teriakku di kamar eomma

“sudahlah, lagipula kata Min Joo, dia akan sering menelponmu dari Amerika”

“iya aku tahu eomma, tapi kenapa hanya aku saja yang tidak tahu tentang berita ini dan kenapa oppa hanya menulis surat padaku?”

“Min Joo takut kalau dia minta ijin padamu, pasti kamu tidak akan membiarkan Min Joo pergi kan?”

Hajiman kalau oppa ijin padaku pasti aku akan mengijinkannya pergi ke Amerika eomma, apa sesuatu sedang terjadi pada oppa?”

Waktu aku bertanya seperti itu pada eomma, wajah eomma menjadi pucat dan tingkah lakunya berubah menjadi orang yang sedang kebingungan saja, aku mulai curiga ada apa sebenarnya ini

eomma gwaenchanayo?”

ahh gwaenchana Min Rin-ah

eomma bohong, kenapa wajah eomma pucat sekali? Apa eomma sakit?”

“ANIO!!! gwaenchana” bentak eomma padaku

Aku terkejut, tiba-tiba eomma membentakku, ada apa sih ini sebenarnya.

“Min Rin mianhae, tadi eomma membentakmu, jeongmal mianhae Min Rin-ah

Aku langsung berlari ke taman belakang rumah, aku tidak mau bertemu dengan siapapun sekarang ini.

“Min Rin-ah gwaenchana?” tanya seseorang padaku dari belakang

eung” jawabku sambil melihat siapa orang itu

Ternyata orang itu adalah Ki Bum oppa, kenapa dia ada di sini sih, aku tidak mau bertemu dengannya sekarang, pikirku.

“mau apa oppa kesini?”

“ya untuk menemanimu, oppa ingin sekali menjadi oppa kedua yang kau banggakan setelah Min Joo”

MWO?! Oppa kedua yang aku banggakan? Aku tidak salah dengar oppa? Tidak ada oppa kedua yang aku banggakan, hanya Min Joo oppa seorang saja yang paling aku banggakan di dunia ini!!” bentakku pada Ki Bum oppa

“hahaha… oppa tau pasti kamu akan menjawab seperti itu, oppa tau hanya Min Joo saja yang ada di dalam hidupmu kan? Gwaenchana, oppa akan selalu berusaha agar oppa menjadi oppa yang paling Min Rin Banggakan juga seperti Min Joo” kata Ki Bum oppa padaku sambil tersenyum

Entah kenapa waktu aku melihat senyumannya yang manis dan hangat itu, bisa membuat hatiku tenang lagi karena kejadian tadi, apakah mungkin dia sudah mulai menerimaku sebagai yeodongsaeng-nya? Ahh tidak mungkin sekali, karena Jong Woon oppa saja masih tidak bisa menerimaku sebagai yeodongsaeng-nya, apalagi dongsaeng-nya.

“Min Rin-ah gwaenchana?”

“hah? Ahh gwaenchanayo oppa

jinjja? Kalau kamu sakit katakan saja pada oppa, pasti akan oppa bantu untuk menyembuhkan sakitmu itu”

gwaenchana oppa, aku bisa menyelesaikan masalahku sendiri kok”

“Gawat aku keceplosan bicara kalau aku punya masalah, pasti oppa akan langsung menanyakan masalahku deh, AAIIGGOO EOTTEOKE??!! “ teriakku dalam hati

“hah, apa sedang ada masalah Min Rin?”

ahh anio oppa gwaencahanyo

“oh,baiklah kalau begitu, oppa pergi main dulu ya, bye bye Min Rin-ah” kata oppa sambil mengelus kepalaku seperti Min Joo oppa, lalu pergi bermain bersama temannya.

Kenapa dia mengelus kepalaku seperti yang di lakukan oleh Min Joo oppa padaku? Ahh mungkin dia hanya keceplosan saja mengelus kepalaku.

Tapi setelah hari itu Ki Bum oppa selalu saja mengelus kepalaku setiap pagi dan setiap kali dia mau pergi keluar rumah, persis sekali seperti cara yang di lakukan Min Joo oppa padaku, ahh aku tidak mau kalau nanti dia menjadi oppa kedua yang aku banggakan, karena hanya Min Joo oppa seorang saja yang aku banggakan di dunia ini, Min Joo oppa cepat kembali dari Amerika, naega jeongmal bogossipeo oppa!!!

Malamnya Min Joo oppa menelpon dari Amerika. Ini yang ketiga kalinya oppa menelponku dari Amerika semenjak oppa pergi ke Amerika. Aku langsung mengangkatnya dengan senang sekali.

yeoboseyo? Min Rin-ah?” tanya oppa dalam telepon

ne, oppa ini Min Rin. Oppa apa kabar di sana? Oppa baik-baik saja kan?”

eung… oppa baik-baik saja disini. Oh ya sekolah kamu bagaimana? Semuanya lancar kan? Tidak ada masalah?”

ne, oppa, tidak ada masalah sedikitpun dengan sekolahku. Oppa kapan pulang?”

“loh oppa kan baru saja pergi ke Amerika, masa kamu langsung bertanya kapan oppa pulang, kamu sudah menerima surat dari oppa kemarin kan?”

ne, aku sudah menerimanya, oppa kenapa hanya memberitahuku lewat surat saja oppa? Kenapa oppa tidak bicara langsung padaku?”

jeongmal mianhae ya Min Rin-ah, oppa tidak ingin kalalu kamu nanti kamu sedih kalau oppa bicara langsung padaku, oppa juga takut nanti kamu tidak akan mengijinkan oppa pergi ke Amerika kan?”

“hhmmm… hajiman, kalau oppa ijin padaku secara langsung, Min Rin pasti ijinin pergi kok oppa

“hahaha, Min Rin itu bohong kan? Oppa tau kok Min Rin itu seperti apa”

“iya sih oppa, mungkin awalnya aku tidak akan mengijinkan oppa pergi”

“tuh kan oppa benar”

ne, memang oppa selalu benar. Oppa jeongmal beogossipeo, aku ingin oppa di sini sekarang, aku mau melihat bintang-bintang bersama lagi dan mengirim pesan kepada appa yang ada di surga, sekarang pasti appa sedang melihat kita kan oppa?”

“iya Min Rin, appa itu selalu melihat oppa dan Min Rin dari surga sana,  dia akan selalu melindungi kita berdua, dan appa akan selalu hidup di dalam hati kita selamanya. Min Rin percaya kata-kata oppa kan?”

ne oppa, aku percaya kata-kata oppa. Oppa aku ingin berdoa pada appa sekarang, oppa dengerin ya doa Min Rin ini.”

ne oppa akan dengerin doa Min Rin”

appa, appa dengar Min Rin kan? Kalau appa dengar, tolong kabulkan doa Min rin ya appa. Appa, sekarang oppa sedang berada di Amerika, lindungi oppa di sana ya appa, jangan sampai oppa sakit apalagi melupakan Min Rin, karena kalau sampai oppa sakit, Min Rin juga akan sakit, kalau oppa bersedih Min Rin juga sedih. Jadi appa tolong lindungi oppa di sana ya, Min Rin mohon appa, Min Rin mau nanti oppa pulang dan Min Rin bisa melihat bintang sama-sama lagi, aku mohon appa kabulkan doa Min Rin”

Setelah aku berkata seperti itu, aku mendengar oppa menangis, dan ada seorang yeoja yang berteriak ketakutan, kalau tidak salah yeoja itu berteriak seperti ini “tolong ada orang pingsan disini, tolonglah dokter suster, cepat tolong pasien ini”. setelah itu oppa mematikan teleponnya, pas sekali waktu yeoja itu berteriak, aku yang mendengarnya semakin takut, apa itu oppa-ku yang pingsan? Apa  yang terjadi di sana? Aku ingin tau, oppa gwaenchanayo?.

Setelah telepon itu, oppa tidak pernah menelponku lagi, aku lalu menceritakan kejadian itu kepada eomma, lagi-lagi wajah eomma pucat begitu aku selesai menceritakannya, lalu eomma mulai meneteskan air mata, aku bingung sekali sekarang, aku tinggalkan eomma yang sedang menangis di kamar, akhirnya terpaksa aku bertanya pada Ki Bum oppa.

oppa, boleh aku bercerita sesuatu?”

ne, tentu saja boleh Min Rin. Kamu mau bercerita tentang apa?”

“tadi malam Min Joo oppa menelponku, lalu aku berdoa pada appa-ku yang ada di surga, aku menyuruh oppa mendengarkan doaku”

“kamu selalu berdoa kepada appa-mu yang sudah meninggal itu setiap malam?”

“iya, naega dan Min Joo oppa selalu melakukannya setiap malam. Waeyo?”

ahh gwaenchana, baiklah lanjutkan ceritamu”

“oh iya, setelah aku berdoa seperti itu, aku mendengar oppa menangis dan aku juga mendengar seorang yeoja yang berteriak kepanikan, dia berteriak kalau ada pasien yang pingsan, dia memanggil dokter dan suster, sepertinya oppa sedang sakit ya?”

“eh…….heemmm…. ahh tidak mungkin Min Joo sakit kan, Min Joo kan kuat, tidak mungkin dia sakit, mungkin dia sedang menjenguk chingu-nya yang sedang sakit di rumah sakit”

“hemm iya juga ya, kenapa tidak terpikirkan olehku, ahh gamsahamnida oppa

ne” jawab oppa sambil mengelus kepalaku lagi.

Ahh tidak mungkin oppa baik-baik saja, pasti sesuatu terjadi pada oppa sekarang, tapi oppa tidak mau memberitahukannya padaku. Semua orang juga tidak mau memberitahukannya padaku, apa yang terjadi pada oppa. Apa yang sebenarnya terjadi pada oppa?.

0o0o0o0o0o0o0o0o0o0o0

1 Tahun kemudian…

Ahh sudah satu tahun Min Joo oppa ada di Amerika dan dia hanya 5 kali menelponku dalam 1 tahun ini, aku jadi tambah bingung, ada apa sih sebenarnya, ada yang aneh di rumah ini, seakan-akan ada rahasia yang mereka sembunyikan dariku, tapi aku tidak tau apa itu. Kenapa hanya aku saja yang tidak boleh tau, apa yang sebenarnya terjadi?

Sekolah…. sekarang entah kenapa aku jadi tidak bersemangat untuk prgi ke sekolah, semenjak aku khawatir dengan keadaan Min Joo oppa yang sebenarnya. Apa aku bisa melewati 1 hari ini di sekolah dengan baik dan tidak ada satu hambatan sedikitpun? Lihat saja nanti.

“Min Rin-ah!!” teriak Ki Bum oppa dari dalam mobil

eung

HWAITHING!!!” semangat Ki Bum dan Jong Woon oppa padaku

ne oppa, Gamsahamnida

Oppa langsung pergi ke unit Universitas, untuk masuk mata kuliah pertama. Mereka berdua semakin aneh saja padaku, apalagi Ki Bum oppa, sikapnya membuatku aneh bila berada di dekatnya. Ahh hajiman gwaenchanayo.

Saat di kelas….

“Min Rin-ah……..!!!!!” teriak Rin Hwa padaku

ne, mwo?!” jawabku dengan kesal

“huh… kau kenapa menjawabnya seperti itu, apa kau membenciku Min Rin?”

anio, aku hanya tidak bersemangat saja hari ini dan aku juga sedang pusing dengan masalahku”

“kau punya masalah? Kenapa tidak kau ceritakan padaku dari tadi, mungkin saja aku bisa membantu masalahmu itu Min Rin”

ahh gwaenchana, aku bisa mengatasinya sendiri kok Rin Hwa, gomawo sudah mau membantuku”

ne. Tapi kalau kau punya masalah berat, beritahu saja padaku, oke”

ne

“oh ya titip salamku pada Jong Woon sunbae ya”

ne, pasti akan ku sampaikan kok padanya”

ahh jeongmal gomawo chingu-ah

ne cheonmaneyo

Saat pelajaran berlangsung pun aku tidak bisa konsentrasi mendengarkan pelajaran yang di berikan oleh Jo seonsaengnim, akibatnya aku di suruh berdiri di koridor kelas. Tiba-tiba Jong Woon oppa melewati kelasku dan tidak sadar kalau aku berdiri di koridor kelas.

1 jam kemudian…

“naiklah” kata Jong Woon oppa padaku sambil jongkok menawariku untuk naik kepunggungnya.

sireo!” bentakku

ahh ppalli… kakimu pasti capek kan, berdiri di koridor kelas selama 1 jam?”

anio, gwaenchana, aku sudah terbiasa berdiri selama berjam-jam seperti ini”

“huh ya sudah aku sudah menawari bantuan padamu, tapi kau menolaknya”

“ya sudah, lagipula aku tidak memerlukan bantuan namja sepertimu”

“baiklah kalau begitu” kata Jong Woon oppa sambil meninggalkanku sendiri di koridor kelas

“ohh ya, kau kenal sahabatku Rin Hwa kan?”

“Rin Hwa?? Ohh si gadis yang menykaiku itu ya?”

“iya, dia titip salam padamu”

“oh begitu, aku titip salam lagi padanya ya”

eung” jawabku dengan kesal

“TTTEENNGG….TTENNGG…TTEENNGG…..”

Akhirnya bel pulang sekolah berbunyi juga, ini seperti surga bagiku. Aku harus cepat pulang ke rumah siapa tau saja Min Joo oppa tadi menelponku, ppalli ppalli ppalli.

Tapi lagi-lagi Rin Hwa mengalangiku pulang, dia menyuruhku ke ruang guru.

“Min Rin kamu di panggil oleh Jo Seonsaengnim

“duh ada apa lagi sih? Apa karena saat pelajaran dia tadi aku tidak memperhatikan dia? Ahh EOTTEOKE??!!”

“hem mollayo, ppalli. Oh ya Min Rin kau sudah sampaikan salamku untuk Jong Woon sunbae kan?”

ne, sudah ku sampaikan”

“lalu apa katanya?”

“kata oppa, dia titip salam kembali untukmu”

ahh sunbae Gomapseumnida, saranghae Jong Woon sunbae. Gomawo Min Rin-ah

ne cheonmaneyo, oh ya aku ke ruang guru dulu ya, kau pulang saja duluan”

ne, aku pulang dulu ya Min Rin”

ne, josimhaseyo

ne

Saat di ruang guru…

Ternyata benar dugaanku, aku di marahi oleh Jo seonsaengnim karena kejadian di kelas tadi, aku mendapat omelan besar hari ini. Rasanya ingin sekali aku ikut oppa ke Amerika, pasti aku tidak akan mendapat omelan seperti tadi, hehehe

0o0o0o0o0o0o0o0o0o0o0o0o0

Aku langsung berlari ke halte bis. Selama Min Joo oppa di Amerika, aku selalu pulang naik bis, karena Ki Bum dan Jong Woon oppa tidak bisa menjemputku, mereka sangat sibuk sekali sehingga tidak bisa menjemputku

Bisku lumayan lama tiba. Mungkin sudah lebih dari 1 jam aku berdiri disini menunggu bis itu datang.

Ahh akhirnya bisku datang juga, bis itu tidak terlalu penuh.  Waktu aku melihat dari luar, semua penumpang di bis itu sepertinya aku mengenalnya. Heemmm pantas saja itu kan mahasiswi universitas tempat Ki Bum dan Jong Woon oppa kuliah.

Saat di bis…

“eh kamu kenal Min Joo kan?” kata seorang yeoja di sampingku

“ne, aku tau, waeyo?” tanya temannya

Kenapa mereka menyebutkan nama Min Joo oppa? Ada apa dengan Min Joo oppa? Apa sesuatu terjadi pada oppa? Pikiranku tidak karuan.

“yang kudengar Min Joo itu ke Amerika bukan untuk kuliah, tapi untuk mengobati penyakitnya” kata eonni itu

ah jinjjayo?” tanya temannya

eung… jinjja, yang aku dengar kalau Min Joo itu terkena penyakit Kanker otak dan katanya sudah memasuki stadium 3”

mwo? Aigo yeodongsaeng-nya bagaimana mendengar berita ini?”

“oh si Min Rin? Dia belum di beritahu tentang berita ini, karena kalau sampai dia tau, dia bisa tertekan sekali”

“oh iya ya”

jeogiyo….. dari mana kalian tau berita itu?” tanyaku pada mereka berdua

“kami mengetahuinya dari Jong Woon-ssi

“oh, Gomapseumnida

ne, chenmaneyo

“ehh…. bukannya dia itu yeodongsaeng Min Joo si Min Rin?”

“jinjjayo??!!! ahh EOTTEOKE ??!! dia pasti kaget sekali, begitu mendengar berita itu”

“ahh ini karena mulut kita berdua yang terlalu besar tadi, ahh gawat, dia pasti akan memberitahukannya kepada Jong Woon”

“iya aku juga takut sekarang, ahh tapi sudahlah”

ne kau benar”

selesai mereka berbicara seperti itu, jantungku hampir ingin berhenti berdetak, aku tidak percaya akan berita itu, berita itu tidak benar kan? oppa tidak sakit kanker otak kan?, pikirku

Saat itu juga aku langsung turun dari bis dan berlari menuju taman tempat biasanya aku dan Min Joo oppa bermain. Kata-kata eonni tadi masih teringang jelas di telingaku, Min Joo terkena penyakit kanker otak dan sudah memasuki stadium 3? Bagaimana bisa??? Bagaimana bisa oppa mendapatkan penyakit separah itu? Kenapa oppa tidak pernah memberitahukannya padaku?? OPPAAAA WAEYO??!!!, teriakku sambil memecah ketenangan taman. Semua orang yang melihatku pasti akan berpikir aku ini orang gila yang sedang tersesat.

Rasanya aku tidak ingin pulang ke rumah, karena aku tidak mau bertemu dengan mereka semua yang sudah menyembunyikan ini semua dariku, semua orang yang ada di rumahkku jahat, kalian semua jahat!!!!!

0o0o0o0o0o0o0o0o0o0

Malamnya di taman….

(Backsound: Yesung’s song – Waiting for you – Paradise Ranch OST, baca bagian ini sambil kalian mendengarkan lagunya)

“BBRRUUKKKK”

Tiba-tiba tubuhku roboh ke tanah. Badanku tidak bisa bangun, aku sudah memaksakan untuk bangun, tapi tetap saja tidak bisa, bagaimana ini, mungkin aku tertekan karena mendengar berita tadi, aku masih tidak sanggup untuk pulang ke rumah dan melihat kamar oppa.

“aku tidak kuat untuk melihat wajah oppa yang menahan rasa sakit itu sendiri, oppa kembalilah, berikan semua penyakitmu itu padaku, aku ingin sekali merasakan apa yang sedang kau rasakan sekarang ini oppa, aku tidak tega untuk melihatmu selama ini berpura-pura sehat, tapi sebenarnya kau kesakitan karena penyakitmu itu. Oppa kumohon kembalilah, aku di sini akan selalu menunggumu oppa. OPPAAA!!!! Apa kau mendengarkanku di sana? OPPAAAA!!!” teriakku kepada langit hitam yang sepi, tidak ada bintang sama sekali di sana, sama seperti perasaanku sekarang, hitam tidak ada isi sama sekali dan sangat hancur karena berita mengejutkan ini.

Aku ingin sekali menuyusul oppa ke Amerika, tapi itu tidak mungkin, oppa pasti melarangku. Oppa kembalilah ke sini, aku ingin melihat bintang lagi bersama oppa,  bercanda-canda lagi, bermain bersama lagi di taman ini, dan mengirim pesan kepada appa yang ada di surga sana, aku mohon oppa cepat kembali ya oppa, ku mohon oppa.

oppa kau adalah orang paling jahat di dunia ini, kau tidak mau membagikan masalahmu padaku, kau tidak mau menceritakan padaku apa yang sedang kau rasakan, tapi padahal aku selalu memberitahukan apa masalahku padamu oppa, apa yang sedang aku rasakan, tapi kenapa kau tidak mau memberitahukan apa yang terjadi sebenarnya kepadaku oppa, OPPAAA WAEYOOOO??!!!!!!”    TO BE CONTINUED

WAIT MY BELOVED BROTHER PART 4 ^^v

1. BAJU HANGAT WARNA WARNI

Baju hangat, entah itu sweater, jaket, pillover, atau cardigan dengan warna-warna cerah jadi pilihan para member SHINee untuk bergaya. Kesan elegan dan modis langsung di dapat kalau kita pakai baju hangat model ini.

2. RAMBUT

Gonta ganti model dan warna rambut kerap di lakukan member SHINee. Untuk urusan ini mereka termasuk uptodate banget. Mulai dari model poni keriting sampai poni miring yang lagi nge-trend banget di kalangan anak muda.

3. TOPI

Salah satu fashion item yang bisa dengan cepat mengubah penampilan kita jadi keren adalah topi. Aneka jenis topi bisa di pilih untuk bergaya. Para member SHINee sering menggunakan topi untuk mengubah penampilan mereka jadi lebih keren.


4. AKSESORIS

gelang, kalung, atau kacamata aksi udah jelas sering kita lihatdi pakai sama member SHINee. Ini jadi salah satu fashion andalan mereka.

5. KACAMATA

Member SHINee kadang menggunakan kacamatasebagai pelengkap penampilan mereka. Yang paling sering menggunakan kacamata adalah Key.

6. T-SHIT BERLAPIS

Seperti Super Junior, menggunakan busana berlapis juga menjadi ciri khas SHINee.

7. SEPATU KETS

Sesuai dengan aksi mereka yang Dinamis dan penuh Energy, sepatu kets hingga mata kaki adalah pilihan wajib bagi member SHINee hampir di setiap kesempatan.

8. SKINNY JEANS ATAU JEANS KETAT

Yang ini udah jadi andalan. Ketika debut Replay, mereka udah terkenal dengan bajuwarna-warni plus skinny jeans.


9. TABRAK MOTIF

Tabrak motif menjadi tren di kalangan boyband di Korea. Bahkan SHINee pun suka mengadopsinya dalam gaya busana mereka.

10. ROMPI

Ini adalah alternative gaya SHINee yang keren banget. Ini bisa jadi pilihan yang patut di coba.

Cr: Top Idol

%d blogger menyukai ini: